Apa Itu Neurologi dan Pembahasannya

Apa itu Neurologi

Dunia teknologi tidak terlepas kaitannya dengan dunia kesehatan. Sekarang ini yang berhubungan dengan kesehatan pastinya menggunakan teknologi dalam mendeteksi beberapa penyakit yang di alami oleh manusia. Salah satu penyakit yang sering menggunakan alat teknologi dalam mencari penyebab penyakit dalam tubuh adalah penyakit sistem saraf.

Dalam dunia ilmu kedokteran ada cabang ilmu yang berfokus dalam menangani sistem saraf pada manusia yaitu neurologi. Neurologi berfokus pada pembahasan studi semua sistem saraf manusia mulai dari struktur, fungsi dan gangguan yang terjadi pada sistem saraf. Beberapa kondisi medis yang selalu berhubungan dengan penyakit sistem saraf seperti stroke, alzheimer, epilepsi, parkinson dan beberapa jenis penyakit lainnya yang mungkin bisa dispesifikasikan kedalam penyakit pada sistem saraf pada manusia.

Seperti sudah diketahui bahwa sistem saraf pada manusia dibagi menjadi 2 bagian utama yaitu 

  1. Sistem Saraf Pusat yaitu terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang
  2. Sistem Saraf Perifer yaitu mencakup semua sarap yang berada di luar otak dan sumsum tulang belakang seperti mata, telinga, kulit dan reseptor lainnya.

Neurologi juga mempelajari konektivitas antara otak dan perilaku dimana ilmu ini akan dipelajari bagaimana pada struktur dan fungsi otak mempengaruhi emosi, kognisi dan tindakan. Salah satu contohnya yaitu neuroplastisitas yang menampilkan bagaimana otak dapat beradaptasi dan berubbah seiring waktu yang berimpilkasi penting dalam pemulihan dari cedera otak atau ganggunan neurologis.

Didalam prakteknya neurologi juga menggunakan berbagai alat diagnostik untuk menilai fungsi sistem saraf pada tubuh manusia. Alat teknologi yang digunakan seperti pencitraan resonansi magnetik atau MRI dan elektroensefalografi atau EEG. 

Pada teknologi MRI atau pencitraan resonansi magnetik yaitu teknologi pencitraan noninvasif yang menghasilkan ouput berupa gambar anatomi berbentuk 3 dimensi. Ini sering difungsikan untuk mencari atau mendeteksi penyakit, diagnosis dan memantau pengobatan. Cara kerja teknologi ini yaitu mencari perubahan arah sumbi rotasi proton yang ditemukan dalam air yang membentuk jaringan hidup.

Kemudian pada teknologi elektroensefalografi yaitu teknologi yang digunakan untuk memeriksa aktivitas listrik pada organ otak. Untuk pemeriksaannya sendiri yaitu mengunakan elektroda atau alat cakram logam kecil yang dipasangkan pada kulit kepala manusia atau pasien itu sendiri. Biasanya untuk menunjukan indikasi adanya gangguan pasa pada sistem saraf otak ditunjukkan dari aktivitas listrik yang tidak normal pada otak. 

Untuk melihat bagaimana bentuk aktivitas didalam otak akan ditunjukkan dalam bentuk sebuah grafik garis bergelombang yang terlihat pada layar monitor dari alat tersebut.Beberapa jenis penyakit kelainan pada otak dan saraf yang dapat ditemukan dari penggunaan alat electroencephalogram ini seperti kelainan saraf, peradangan otak, kanker otak, kerusakan otak akibat cidera, hingga memastikan kelainan pada otak.

Penelitan khusus dibidang neurologi ini akan terus berkembang dan berfokus memahami apa saja gangguan pada sistem saraf otak manusia serta mengembakan terapi baru pada penyembuhannya. Bahkan dengan kemajuan teknologi dapat membantu para peneliti dan dokter menemukan cara terbaik dan tercepat dalam menangani berbagai gangguan pada sistem sarap otak. Untuk lebih lanjut mengenai pembahasan yang berhubungan neurologi salah satu informasi situs informasi neurologi bisa Anda kunjungi di cans2023.com. Pada halaman website tersebut tersedia berbagai informasi pembahasan neurologi dari pada ahli dan dokter dari berbagai negara.

Itulah tadi informasi mengeni apa itu neurologi dan pembahasannya. Walaupun informasi ini belum terlalu dalam membahas mengenai neurologi tetapi setidaknya sedikit membuka wawasan informasi kepada teman-teman semua. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel