Ketahui Jenis-Jenis Modem Sebelum Anda Membelinya

Ada banyak perangkat modem wifi yang dipasarkan secara online dengan spesifikasi atau fitur yang sesuai dengan kebutuhan internet rumah. Apalagi dengan berkembangnya dunia teknologi digital dan informasi, membuat modem sebagai salah satu perangkat yang dibutuhkan dalam menghubungkan laptop atau smartphone ke jaringan internet, karena sangat membantu meningkatkan produktivitas atau kegiatan sehari-hari. Bahkan fungsi modem yang paling banyak digunakan adalah sebagai internet rumah untuk menghubungkan banyak gadget ke jaringan internet selama 24 jam, sehingga semua orang bisa saling berkomunikasi, mencari informasi hingga mengirim dan menerima data tentunya. 

Macam-macam wifi modem

Ada banyak cara untuk membantu kamu dalam mendapatkan akses internet dengan mudah dan sederhana, yaitu salah satunya menggunakan perangkat yang bernama modem. Bagi kamu yang belum tahu apa saja jenis-jenis modem berikut informasinya dibawah ini.

Berdasarkan Cara Pemasangannya

Modem yang berdasakan pemasangannya ini terdiri dari 2 yaitu :

1. Modem Eksternal

Modem eksternal ini merupakan jenis modem yang sudah cukup dikenal dan digunakan oleh banyak orang. Untuk dari bentuk modem ini ukurannya kecil menyerupai USB atau flashdisk dan beratnya sangat ringan dan membutuhkan daya arus listrik yang tidak terlalu besar. 

Modem Eksternal

Umumnya dipasaran modem ini sudah banyak dijual dengan harga yang bervariasi dan menggunakan koneksi jaringan internet 4G dan 5G. Untuk mengaktifkan modem eksternal ini yaitu dengan memasukkan kartu SIM yang telah berisi paket data kedalam modem. Kemudian modem bisa ditempatkan dimana saja dan khusus modem yang berbentuk usb maka perlu ditancapkan di port usb laptop atau komputer. 

2. Modem Internal

Modem Internal

Modem internal merupakan modem yang diletakkan di motherboard pada pc atau komputer. Untuk bentuknya berupa sebuah card yang terpasang di slot ekspansi seperti pada slot PCI ataupun ISA di motherboad komputer. Modem internal ini biasanya sudah terpasang langsung didalam CPU sehingga memang dikhususkan pada perangkat komputer saja.

Modem Berdasarkan Jaringan Modemnya

Modem ini terdiri dua bagian yaitu menggunakan kabel dan satu lagi modem wireless tanpa kabel

1. Modem Dengan Kabel

Modem Kabel

Modem yang satu ini menggunkan kabel yang hampir sama pada kabel telepon rumah. Untuk bandwith internet yang didapatkan juga cukup cepat. Untuk menggunakan modem kabel ini, maka pada perangkat komputer harus sudah dipasang kartu ethernet (ethernet card) agar modem siap digunakan untuk mendapatkan koneksi internet.

2. Modem Wireless

Modem Wireless

Modem wireless atau tanpa kabel ini bentuknya tidak terlalu besar dan memiliki berat yang ringan serta mudah dibawah kemana saja. Biasa modem ini tersedia dengan koneksi internet jaringan 3G dan 4G. Kecepatan dari modem ini bisa terpengaruh dari kondisi cuaca sekitar, biasanya bila kondisi hujan dan angin kencang, kecepatan koneksi internet dari modem bisa menjadi tidak stabil.

4 Jenis Modem Internet Sesuai Dengan Koneksinya

Saat ini banyak modem internet dijual dipasaran atau marketplace online yang sesuai dengan koneksi atau tipe jaringannya. Dari beberapa jenis modem ini bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum membeli perangkat modem. Berikut 4 jenis modem internet berdasarkan koneksi jaringannya dibawah ini :

1. Modem CDMA

Modem CDMA

Modem CDMA (Code  Division Mutiple Acces) untuk mengaktifkannya membutuhkan sebuah kartu SIM CDMA yang bisa digunakan untuk mendapatkan koneksi jaringan internet. Untuk kecepatan dari koneksi internet yang didapatkan lebih lambat dibanding menggunakan jaringan 3G GSM. Untuk modem ini mungkin sudah mulai tidak dipakai lagi karena teknologi jaringan CMDA sudah tertinggal jauh dengan teknologi jaringan yang tebaru saat ini yaitu jaringan 4G LTE dan 5G.

2. Modem GSM

Modem GSM

Modem GSM yang satu ini terhubung dengan menggunakan jaringan 3G HSDPA. Modem ini sering dijumpai dengan bentuk seperti stik dengan ujungnya berbentuk USB. Biasanya modem ini dicolokkan ke laptop ataupun port USB pada komputer rumah. Untuk bisa mengaktifkan jaringan internet pada modem GSM ini, maka membutuhkan satu kartu SIM yang telah berisi pulsa atau paket data internet yang telah diaktifkan. Untuk penggunaan dari modem GSM 3G ini juga sudah mulai ditinggalkan, karena saat ini teknologi jaringan sudah 4G LTE dan 5G yang mempunyai koneksi jaringan internet lebih stabil dan cepat.

3. Modem 4G LTE

Modem 4G LTE

Modem 4G LTE ini menjadi modem yang banyak dipakai saat ini karena sudah menggunakan jaringan 4G LTE dengan jaringan yang sudah semakin luas di Indonesia. Perangkat modem 4G LTE ini selain seperti USB juga sudah berbentuk MiFi yang mudah dibawa kemanapun kamu pergi. Untuk penggunaan dayanya mengunakan baterai yang bisa dilakukan pengisian ulang saat daya baterai mulai habis. 

4. Modem 5G

Modem 5G

Modem 5G ini jenis modem paling baru dan untuk saat ini jaringan 5G di Indonesia masih belum meratas secara keseluruhan. Jadi jika daerah kamu sudah sudah ada jaringan 5G, maka bisa mencoba menggunakan modem 5G satu ini. Untuk kecepatannya bisa dibilang pasti lebih cepat, stabil dibanding dari modem-modem sebelumnya.

Itulah tadi informasi dari jenis-jenis modem dan mudah-mudahan ini bisa membantu kamu dalam menentukan jenis modem internet apa yang akan kamu gunakan dalam membantu kegiatan atau produktivitas sehari-hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel